LAPORAN HASIL UJI COBA
SKALA KEMANDIRIAN SISWA
Diajukan
sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh kelulusan
Pada
mata kuliah Pengukuran Skala Psikologi
Oleh:
Siti Roikhanah B07208146
Eka Adi Prasetyo B07208099
Kamelia B07208153
Fatkhullah B07208149
Faradibah Ferucha B07208088
Dosen Pengampu:
DR. Abdul Muhid, M. Si
Nip. 197502052003121002
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
SUNAN AMPEL
SURABAYA
2011
HALAMAN PERSETUJUAN
Laporan Uji Coba Skala Kemandirian Siswa ini telah
diperiksa dan disetujui
untuk disajikan
Surabaya, 12 Januari 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dosen Pembimbing
SMP ”AL-ISLAM”
Krian
Purwono,
S. Pd DR.
Abdul Muhid, M.Psi
Nip. 197502052003121002
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur senantiasa penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang
telah memberikan limpahan rahmat, taufik serta hidayahNYA, sehingga penulisan
laporan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
Shalawat serta salam semoga
tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta para sahabat dan para
pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.
Penulis sadar sepenuhnya
bahwa laporan ini tidak akan selesai tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak
yang telah dihadirkan oleh Allah SWT untuk membantu penulis, baik itu bantuan
moral, material maupun spiritual, tiada kata yang patut kami ucapkan selain
ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dan semoga mendapatkan pahala dari
Allah SWT. Khususnya kepada:
1.
Bapak DR.
Abdul Muhid, M. Si selaku dosen
pembimbing mata kuliah Penyusunan Skala Psikologi.
2.
Ibu Arik
Irawati, S. Psi selaku asisten dosen pembimbing mata kuliah Penyusunan Skala
Psikologi.
3.
Bapak Purwono S. Pd selaku kepala sekolah SMP
”AL-ISLAM” Krian yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan
tugas uji coba tes ini.
4.
Semua guru
SMP ”AL-ISLAM” Krian yang senantiasa membantu dalam penyebaran angket atau
kuesioner ini.
5.
Para siswa
kelas VIII A, B, C, D, E, F, G, H, I dan J SMP ”AL-ISLAM” Krian yang telah bersedia
meluangkan waktunya untuk mengerjakan angket atau kuesioner yang telah diajukan.
6.
Serta
seluruh pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu
dalam penyelesaian tugas laporan ini.
Penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan dalam
penulisan laporan ini, untuk itu penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kritik
dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan
selanjutnya.
Akhirnya, semoga segala amal baik yang semua pihak
berikan kepada penulis mendapatkan balasan sebaik mungkin dari Allah SWT,
penguasa alam semesta.
Surabaya, 12 Januari 2011
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL ................................................................................... i
HALAMAN
PERSETUJUAN .................................................................... ii
KATA
PENGANTAR ................................................................................ iii
DAFTAR ISI ................................................................................................ v
DAFTAR TABEL ........................................................................................ vii
DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................... viii
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.................................................................................. 1
B. Tujuan ............................................................................................. 2
C. Manfaat............................................................................................ 2
BAB II : PENGEMBANGAN SPESIFIKASI SKALA PSIKOLOGI
A. Konstruk Teoritik Variabel yang Diukur ............................................. 3
B. Aspek-aspek dan Indikator................................................................ 4
C. Definisi Konsep ................................................................................. 6
D. Definisi Operasional ........................................................................... 6
E. Blue Print........................................................................................... 6
BAB III : PROSES UJI COBA SKALA PSIKOLOGI
A. Subjek Uji Coba .............................................................................. 8
B.
Waktu dan Tempat
Pelaksanaan ........................................................ 8
C. Model Skala ...................................................................................... 8
D. Penulisan Aitem ................................................................................. 8
E.
Pelaksanaan Uji Coba ...................................................................... 9
BAB IV : ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS
SKALA PSIKOLOGI
A. Perhitungan Skor ............................................................................ 14
B.
Penyekoran Jawaban Skala ............................................................ 14
C. Uji Validitas .................................................................................... 14
D. Uji Reliabilitas ................................................................................. 27
E.
Seleksi dan Perakitan
Aitem ............................................................ 31
BAB V : PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................... 32
B.
Saran ............................................................................................. 33
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................ 34
LAMPIRAN .............................................................................................. 35
DAFTAR
TABEL
Tabel 3.1 : Blue Print....................................................................................... 9
Tabel 5.2 : Hasil
Validitas Aitem ..................................................................... 19
Tabel 5.3 : Hasil
Validitas Dimensi/Indikator (Perfaktor)................................... 22
Tabel 5.4 : Hasil
Reliabilitas............................................................................. 29
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1: Skala Penelitian........................................................................ 43
Lampiran 2: Tabulasi Jawaban
Responden................................................... 46
Lampiran 3: Perhitungan Validitas
Aitem ...................................................... 61
Lampiran 4: Perhitungan Validitas
Perfaktor/Indikator................................... 64
Lampiran 5: Surat
Keterangan Telah Melakukan Uji Coba........................... 65
BAB I
PENDAHULUAN
D.
Latar
Belakang
Dalam dunia pendidikan, peserta didik (siswa) maupun remaja itu sendiri mengalami begitu
banyak gelaja-gejala baik dikarenakan dirinya sendiri maupun lingkungan yang
mana menjadi suatu kendala utama dalam mempersiapkan individu- individu yang
mampu mengarungi kehidupan masa mendatang yang menjadi kompleks dan penuh
tantangan. Oleh sebab itu, perkembangan kemandirian remaja menuju ke arah
kesempurnaan menjadi sangat penting untuk diikhtiarkan secara serius,
sistematis dan terprogram. Sebab, problem kemandirian seunggulannya bukanlah
hanya merupakan masalah intergeneration (dalam
generasi), tetapi juga merupakan masalah between
generation (antar generasi). Perubahan tata nilai yang terjadi dalam
generasi dan antar generasi akan tetap memposisikan kemandirian sebagai isu
aktual dalam perkembanagan manusia.
Perkembangan
kemandirian itu semakin menjadi sangat penting didunia pendidikan karena
semakin terlihatnya gejala-gelaja negatif yang dilalukan peserta didik.
Gejala-gejala tersebut antara lain:
1.
Ketergantungan
disiplin dari luar dan bukan karena niat sendiri secara ikhlas. Dalam dunia
pendidikan semakin sulit menemukan kedisiplinan yang memang muncul secara
ikhlas dalam diri peserta didik..
2.
Sikap
tidak peduli terhadap lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun rumah.
3.
Kecenderungan
untuk mematuhi peraturan baik disekolah maupun dirumah dan kurangnya
menghormati orang lain baik guru, orang tua dan teman
E.
Tujuan
Uji coba skala
kemandirian ini secara umum bertujuan antara lain:
1.
Untuk mengukur sejauh mana kemandirian yang dimiliki oleh
siswa-siswi di sekolah.
2.
Untuk mengetahui adanya kesesuaian
antara skala yang diujikan kepada siswa dengan tingkat kemandirian yang
dimiliki.
3.
Digunakan untuk memenuhi tugas mata
kuliah penyusunan skala psikologi (psp).
Selain itu juga, terdapat tujuan khusus yang hendak
dicapai dengan adanya uji coba penyusunan skala ini yaitu untuk menguji
validitas dan reliabilitas suatu aitem alat ukur Skala Kemandirian Siswa.
Yang dalam hal ini adalah SMP ”AL-ISLAM” Krian.
F.
Manfaat
Hasil uji coba ini dapat dijadikan sebagai motivasi dalam
meningkatkan kemandirian peserta didik. Hasil uji coba ini
tidak hanya bermanfaat bagi siswa pada sekolah tersebut, tetapi juga bermanfaat
bagi instansi atau pihak sekolah untuk mengetahui sejauh mana tingkat
kemandirian yang dimiliki oleh peserta didiknya sehingga bisa membantu instansi
atau pihak sekolah dalam pengambilan cara meningkatkan kemandirian peserta
didik disekolah tersebut.
BAB II
PENGEMBANGAN
SPESIFIKASI SKALA PSIKOLOGI
A.
Konstruk
Teoritik Variabel yang Diukur
Kemandirian
berasal dari kata mandiri yang artinya berdiri sendiri, mampu berbuat usaha
sendiri. Menurut Hetherington mengemukakan bahwa “ kemandirian menunjukkan
kepada adanya kemampuan untuk mengambil inisiatif, kemampuan mengatasi masalah,
penuh ketekunan, mengatasi sendiri kesulitannya dan ingin melakukan hal-hal
untuk dan oleh dirinya sendiri.
Caplin (1997)
menganggap kemandirian sebagai keadaan pengaturan diri, atau kebiasaan individu
manusia untuk memilih, menguasai dan menentukan dirinya sendiri
Teori tersebut menjelaskan adanya pengaturan
diri atau kebiasaan diri individu
tersebut menyatakan bahwa suatu kebiasaan individu mampu mengatasi segala sesuatunya
sendiri.
Jhonson & Medinnus,
(widjaja : 1986), kemandirian merupakan salah satu ciri kematangan yang
memungkinkan seseorang anak berfungsi otonom, berusaha kearah terwujudnya
prestasi pribadi dan tercapainya suatu tujuan.
Pengertian tersebut menjelaskan bahwa
kemandirian berarti suatu sikap yang menjadi ciri dimana seseorang mampu
mencapai tujuan dengan mengurus segalanya sendiri.
Vinake dalam ensicycopedia
of pshycology (dalam widhya: 2007) mendefinisikan kemandirian sebagai suatu
tindakan yang lebih berkenaan dengan kebutuhan, persepsi diri sendiri dari pada
merespon terhadap tuntutan lingkungan atau orang lain, tidak tergantung kepada
orang lain, dan lebih didasarkan kepada persepsi yang dimilikinya sendiri dapat
dikatakan bahwa hal tersebut bebas dari pengaruh orang lain.
Teori tersebut menjelaskan bahwa kemandirian
adalah lebih percaya kepada diri sendiri, melihat segala sesuatu berdasarkan
pada pendapatnya sendiri, tidak bergantung kepada orang lain.
Menurut Soetalima Sukadi dalam psikologi
(Purwanti 1988: 20) mendefinisikan kemandirian sebagai suatu sikap yang mampu
menentukan nasib diri sendiri, tidak menggantungkan diri kepada orang lain
sampai batas kemampuannya, mampu bertanggung jawab atas keputusan tindakan atas
perasaanya sendiri.
Maksud
dari pengertian kemandirian ini, merupakan suatu sikap dimana seseorang dapat
mengambil keputusanya sendiri dan mampu mempertanggung jawabkan atas tindakan
atau perbuatan yang telah ia lakukan.
Kartini Kartono (1987:
22) mendefinisikan kemandirian sebagai suatu hasrat untuk melakukan tugas
secara mandiri, mencoba mendapat pemecahan masalahnya sendiri bila menghadapi
masalah, tanpa mengharapkan pengarahan dari orang lain.
Arti pengertian di sini, kemandirian merupakan
sifat mandiri melakukan segala sesuatunya sendiri tanpa bantuan dari orang
lain.
B. Aspek-aspek
dan Indikator
1. Mempunyai
inisiatif
a. Merencanakan sesuatu dengan sendirinya
Adalah suatu sikap yang dimana seseorang
individu dapat berencana atau membuat suatu tindakan atau keputusan tanpa di perintah orang lain
atau berdasarkan atas keinginannya sendiri
b.
Mengatasi masalahnya sendiri
Adalah suatu individu dapat atau mampu
mennyelesaikan segala urusan atau segala sesuatunya dengan sendirinya tanpa
bantuan dari pihak luar atau orang lain
2. Bertanggung
jawab
a. Mengambil
resiko atas keputusan yang telah diambil
Adalah suatu individu itu dapat menanggung
beban atas suatu tindakan atau perbuatan yang telah dia lakukan sendiri.
b. Melaksanakan
hak dan kewajibanya sendiri
Adalah suatu sikap yang dimana individu
tersebut mampu membedakan yang mana hak dan kewajibannya yang harus dia
dahulukan atau yang dipatuhi, kemudian menjalankanya sesuai dengan hak dan
kewajibanya itu
3. Percaya
diri
a. Melakukan
sesuatu berdasarkan kemampuanya sendiri
Adalah suatu tindakan dimana individu
tersebut dapat menjalankan atau segala urusannya dengan kemampuan yang dia
miliki tanpa ada bantuan dari orang lain
b. Merasa
apa yang telah dilakukan benar
Adalah suatu sikap dimana suatu individu
tersebut mempunyai rasa percaya diri yang sangat besar pada dirinya sehingga
menganggap apa yang telah dia lakukan atau kerjakan sudah sesuai dengan apa
yang dipersepsikannya
c. Merasa
teguh pendirian
Adalah suatu sikap dimana individu tersebut tidak mudah terpengaruh oleh orang lain dalam
segi apapun.
C. Definisi
Konsep
Menurut Hetherington, Caplin, Jhonson & Medinus,
Vinake, Soetalima Sukadi dan Kartini Kartono mendefinisikan kemandirian
sebagai suatu keadaan dimana seseorang yang memiliki hasrat bersaing untuk maju
demi kebaikan dirinya lalu mampu mengambil inisiatif untuk mengatasi masalah
yang akan dihadapi dan memiliki kepercayaan diri dalam melaksanakan
tugas-tugasnya serta mampu bertanggung jawab atas apa yang telah dia lakukan.
D. Definisi
Operasional
Kemandirian merupakan suatu sikap dimana
seseorang itu mampu bertindak berdasarkan atas kemampuan dan kemauannya
sendiri, dan tidak mudah terpengaruh dan dipengaruhi oleh orang lain serta
mampu bertangguang jawab atas setiap tindakan/ perbuatan yang telah ia lakukan.
E. Blue
Print
Tujuan penyusunan kisi-kisi (blue print) adalah
merumuskan setepat mungkin ruang lingkup dan tekanan uji coba dan
bagian-bagiannya, sehingga rumusan tersebut dapat menjadi petunjuk yang efektif
bagi penyusun alat ukur. Jadi dalam blue print ini dirumuskan dengan
tujuan-tujuan khusus dari hal-hal yang telah dirumuskan dalam wilayah
pengukuran, tujuan pengukuran dan materi yang akan diujicobakan. Blue print
Skala Kemandirian Siswa pada alat ukur ini dapat dilihat pada halaman
berikutnya:
Tabel 2.1: Blue Print
Kemandirian Siswa
NO
|
KOMPONEN
|
AITEM
|
BOBOT
|
||
F
|
%
|
||||
1
|
Mempunyai
Inisiatif
|
||||
1.1.
Merencanakan sesuatu dengan sendirinya.
|
F
UF
|
1, 7, 20, 26
23
|
11
|
36,7%
|
|
1.2.
Mengatasi masalahnya sendiri
|
F
UF
|
10, 29
4, 8, 14, 27
|
|||
2
|
Bertanggung Jawab
|
||||
2.1.
Mengambil resiko atas keputusan yang telah di ambil
|
F
UF
|
2, 9, 18
12, 28
|
9
|
30 %
|
|
2.2.
Melaksanakan hak dan kewajibannya sendiri
|
F
UF
|
6, 19, 22
24
|
|||
3
|
Percaya Diri
|
||||
3.1.
Melakukan sesuatu berdasarkan kemampuan sendiri
|
F
UF
|
3, 16
30
|
10
|
33,3%
|
|
3.2.
Merasa apa yang dikerjakan benar
|
F
UF
|
5, 13, 17
-
|
|||
3.3.
Merasa teguh
pendirian
|
F
UF
|
11, 15
21, 25
|
BAB III
PROSES UJI COBA SKALA PSIKOLOGI
A. Subyek
Uji Coba
Subyek uji coba skala kemandirian
siswa adalah siswa-siswi SMP ”AL-ISLAM”
Krian, dikelas
VIII diantaranya adalah sebagai berikut, kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D,
VIII E, VIII F, VIII G, VIII H, VIII I dan VIII J.
B. Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Waktu yang disediakan untuk
mengerjakan skala ini adalah 20 menit, dimana tiap aitemnya diberi waktu untuk
mengerjakan sekitar 25 detik. Dan dilaksanakan didalam kelas masing-masing
disekolah SMP ”AL-ISLAM” Krian, pada hari Jum’at tanggal 9 Desember
2010.
C. Model
Skala
Dalam uji coba
ini menggunakan model Skala Likert untuk mengembangkan
alat ukur Psikologi. Skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban sebagai
berikut:
1.
STS: jika anda berpendapat sangat
tidak setuju terhadap pernyataan tersebut
2.
TS :
jika anda berpendapat tidak setuju terhadap pernyataan
tersebut
3.
N :
jika anda berpendapat netral terhadap pernyataan tersebut
4.
S :
jika anda berpendapat setuju terhadap pernyataan tersebut
5.
SS :
jika anda berpendapat sangat setuju terhadap pernyataan
tersebut
D. Penulisan
Aitem
Pernyataan atau aitem yang akan disusun untuk alat ukur
ini sesuai dengan blue print yang disajikan pada bab sebelumnya. Pernyataan
dalam alat ukur ini berjumlah 30 buah pernyataan atau aitem yang terbagi dalam
19 butir pernyataan atau aitem favourable
dan 11 butir pernyataan atau aitem unfavourable.
Untuk membantu penulisan pernyataan atau aitem ini sesuai dengan substansi
rekaan teoritik variabel yang akan diukur. Hal ini akan memperumuskan dalam
proses penulisan pernyataan. Selain itu masalah penulisan pernyataan juga
diperhatikan masalah pembahasan sehingga tidak menimbulkan pengertian yang
bias.
Hasil penulisan data pernyataan atau aitem
setelah ditelaah ulang kemudian dirakit menjadi satu kesatuan skala yang akan
disajikan untuk keperluan uji coba. Adapun bentuk rakitan skala kemandirian
yang terdiri dari 30 aitem bagi siswa SMP dapat dilihat dilembar berikutnya:
E.
Pelaksanaan Uji Coba
Pelaksanaan
pengujian alat ukur ini dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2010 dengan durasi
waktu yang telah ditentukan yaitu 20 menit, dimana tiap aitemnya diberi waktu
untuk mengerjakan sekitar 25 detik untuk menjawab semua pernyataan yang
diujikan kepada siswa Kelas VIII SMP “AL-ISLAM” Krian Sidoarjo.
Aitem yang Belum Diuji Coba
Petunjuk
Baca
dan pahamilah pernyataan berikut ini dan kemudian nyatakanlah apakah isinya
sesuai keadaan diri anda dengan cara menyilang pernyataan pilihan sebagai
berikut:
STS :
Sangat tidak setuju.
TS :
Tidak setuju.
N :
Netral.
S :
Setuju.
SS :
Sangat setuju.
1. Sebelum
berangkat sekolah, saya belajar materi yang akan di pelajari dikelas.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
2. Saya
berani menerima hukuman bila melanggar tata tertib sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
3. Saya
menyiapkan kebutuhan sekolah sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
4. Dalam
mengerjakan tugas, saya minta bantuan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
5. Saya
tetap mengumpulkan tugas meskipun berbeda dengan hasil teman-teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
6. Saya
mematuhi semua peraturan, baik di rumah maupun di sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
7. Saya
meminjam buku catatan teman bila ketinggalan pelajaran.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
8. Saya
gelisah bila akan menghadapi ujian.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
9. Jika
mendapatkan nilai jelek, saya pantas di marahi orang tua.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
10. Saya
menyelesaikan sendiri soal-soal ujian, meskipun sulit.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
11. Merasa
nyaman atas apa yang saya lakukan walaupun berbeda dengan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
12. Saya
merasa tenang bila mendapatkan nilai ujian yang jelek.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
13. Tugas yang
saya kerjakan jauh lebih baik dari pada yang di kerjakan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
14. Ketika
mengerjakan soal ujian yang sulit, saya mencontek hasil teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
15. Saya
tetap mempertahankan pendapat sendiri meskipun berbeda dengan yang lain.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
16. Saya
bingung bila mendapatkan nilai ujian
yang jelek.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
17. Saya
lebih suka mengerjakan tugas sendiri dari pada berkelompok.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
18. Semua
tugas sekolah saya kerjakan sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
19. Saya
kecewa bila ada jam kosong atau ada guru yang izin.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
20. Sesampainya
dirumah, saya mengulas kembali pelajaran yang telah guru berikan.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
21. Saya
lebih percaya pendapat teman dari pada pendapat sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
22. Saya
menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
23. Jika
hanya dimarahi orang tua saja, saya baru akan mengerjakan tugas sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
24. Saya
senang melimpahkan kesalahan pada teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
25. Saya
mudah terpengaruh oleh pendapat teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
26. Setiap
jam istirahat saya meluangkan waktu
untuk membaca buku di perpustakaan.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
27. Berangkat
dan pulang sekolah saya diantar jemput orang tua.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
28. Saya
melarikan diri bila melanggar peraturan sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
29. Saya
lebih senang mengerjakan tugas sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
30. Tugas
yang saya kerjakan sama dengan yang di kerjakan teman.
[STS] [TS] [S] [SS]
BAB IV
ANALISIS
VALIDITAS DAN RELIABILITAS SKALA
PSIKOLOGI
A.
Perhitungan Skor
Untuk perhitungan skor jawaban,
terlebih dahulu memuat ringkasan jumlah untuk jawaban untuk setiap pilihan. Langkah-langkah
yang harus digunakan dalam menentukan skor ini adalah sesuai ketentuan yaitu
untuk nilai:
Aitem Favourable (F) |
Aitem Unfavourable (UF) |
STS : 0 |
STS : 4 |
TS : 1 |
TS : 3 |
N : 2 |
N : 2 |
S : 3 |
S : 1 |
SS : 4 |
SS : 0 |
Dan hasil analisis data
tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan program SPSS
versi
11.5.
B.
Penyekoran Jawaban Skala
Setelah memperoleh skor untuk tiap-tiap pilihan jawaban pada
setiap pernyataan atau aitem, maka hasilnya digunakan untuk menyekor jawaban
asli skala dan untuk memperoleh nilai angka yang dapat diolah secara
matematis. Hasil konversi
tersebut disajikan pada halaman lampiran.
C.
Uji Validitas
Uji
validitas dikatakan mempunyai validitas tinggi apabila tes tersebut menjalankan
fungsi ukurnya atau memberikan hasil ukur yang tepat dan akurat. Validitas alat
ukur diuji dengan menggunakan bantuan computer program SPSS versi 11.5. Adapun
syarat bahwa aitem-aitem tersebut valid adalah nilai korelasi (r hitung) harus
positif dan lebih besar atau sama dengan r tabel. Dalam uji validitas skala kemandirian
menggunakan korelasi Product Moment dengan rumus sebagai berikut:
r xy =
Keterangan:
N : Banyak subyek
X : Angka pada variabel pertama
Y :
Angka pada variabel ke dua
rxy : Nilai
korelasi Product Moment
Adapun analisis validitas aitem untuk tiap dimensi atau
indikator (faktor) dengan menggunakan SPSS 11.5 adalah sebagai berikut:
v
Menentukan
Hipotesis
Ho: Skor aitem berkorelasi positif dengan skor faktor
Ha: Skor aitem tidak berkorelasi positif dengan skor
faktor
v Menentukan besarnya nilai r table dengan ketentuan df = N-2. pada
kasus diatas karena N=114, berarti df=348 (350-2), dengan meenggunakan tingkat
signifikansi 5%. Diperoleh r table sebesar 0.113 (untuk mengetahui
harga r table: Lihat Table Nilai r Product Moment, atau Table Koefisien
Korelasi (r) Pearson).
v Ketentuan:
· Jika
harga corrected item total correlation bertanda positif dan < r tabel, maka
item tidak valid.
· Jika
harga corrected item total correlation bertanda negatif dan < r tabel, maka
item tidak valid.
· Jika
harga corrected item total correlation bertanda negatif dan > r tabel, maka
item tidak valid.
· Jika
harga corrected item total correlation bertanda positif dan > r tabel, maka
item valid.
v Jadi aitem yang valid adalah apabila Harga Corrected Item
Total Correlation bertanda positif dan > r Tabel.
v Catatan: Bila ada aitem yang tidak valid, maka aitem yang
tidak valid tersebut harus dikeluarkan, dan proses analisis harus diulang hanya
untuk item yang valid.
Hasil output SPSS 30 aitem versi 11.5 adalah sebagai
berikut:
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM1 2.4429 .9846 350.0
2. AITEM2 3.1343 .6828 350.0
3. AITEM3 2.9743 .9221 350.0
4. AITEM4 1.7171 .9163 350.0
5. AITEM5 2.8914 .6240 350.0
6. AITEM6 3.1571 .7346 350.0
7. AITEM7 3.0657 .7748 350.0
8. AITEM8 2.0486 1.0628 350.0
9. AITEM9 2.7371 1.0266 350.0
10.
AITEM10 2.3229 .8901 350.0
11.
AITEM11 2.6057 .8181 350.0
12.
AITEM12 3.4286 .8113 350.0
13.
AITEM13 2.3914 .8753 350.0
14.
AITEM14 2.0571 1.0364 350.0
15.
AITEM15 2.5400 .9347 350.0
16.
AITEM16 2.6486 1.1478 350.0
17.
AITEM17 1.7543 .9795 350.0
18.
AITEM18 2.2314 .9088 350.0
19.
AITEM19 2.3686 1.0591 350.0
20.
AITEM20 2.6057 .9046 350.0
21.
AITEM21 2.5457 .8937
350.0
22.
AITEM22 2.6143 .8613 350.0
23.
AITEM23 2.9514 .9305 350.0
24.
AITEM24 3.2829 .7359 350.0
25.
AITEM25 2.6914 .8059 350.0
26.
AITEM26 2.2943 .9938 350.0
27.
AITEM27 2.3429 .9528 350.0
28.
AITEM28 3.4000 .8925 350.0
29.
AITEM29 2.3800 .9028 350.0
30.
AITEM30 2.0600 .9048 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 77.6857 95.2419
9.7592 30
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y S I S - S
C A L E (A L P H A)
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM1 75.2429 88.6944 .3008 .7593
AITEM2 74.5514 91.8412 .2242 .7631
AITEM3 74.7114 90.3434 .2309 .7630
AITEM4 75.9686 89.6867 .2717 .7609
AITEM5 74.7943 91.4705 .2834 .7611
AITEM6 74.5286 88.6797 .4353 .7543
AITEM7 74.6200 92.2821 .1585 .7659
AITEM8 75.6371 90.5757 .1748 .7669
AITEM9 74.9486 89.4701 .2429 .7627
AITEM10 75.3629 86.9138 .4541 .7516
AITEM11 75.0800 89.1741 .3494 .7573
AITEM12 74.2571 91.4523 .2018 .7641
AITEM13 75.2943 91.3429 .1873 .7650
AITEM14 75.6286 85.6668 .4431 .7508
AITEM15 75.1457
90.2796 .2302 .7631
AITEM16 75.0371 94.0301 -.0047 .7788
AITEM17 75.9314 90.6371 .1954 .7651
AITEM18 75.4543 87.4750 .4083 .7538
AITEM19 75.3171 88.0510 .3054 .7591
AITEM20 75.0800 86.0222 .5007 .7489
AITEM21 75.1400 92.2927 .1252 .7682
AITEM22 75.0714 87.9977 .4024 .7545
AITEM23 74.7343 88.7114 .3232 .7582
AITEM24 74.4029 91.1467 .2529 .7619
AITEM25 74.9943 90.1260 .2919 .7600
AITEM26 75.3914 86.8979 .3970 .7538
AITEM27 75.3429 94.9136 -.0312 .7768
AITEM28 74.2857 90.8809 .2095 .7640
AITEM29 75.3057 86.0409 .5007 .7489
AITEM30 75.6257 88.3151 .3592 .7564
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 30
Alpha = .7669
v
Berdasarkan Harga Corrected Item Total Correlation tiap
aitem dibandingkan dengan r Tabel, maka dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 2.2: Hasil Validitas
Aitem
Aitem |
Corrected Item Total Correlation |
r Tabel |
Keterangan |
Aitem1 |
.3008 |
.113 |
Valid |
Aitem2 |
.2242 |
.113 |
Valid |
Aitem3 |
.2309 |
.113 |
Valid |
Aitem4 |
.2717 |
.113 |
Valid |
Aitem5 |
.2834 |
.113 |
Valid |
Aitem6 |
.4353 |
.113 |
Valid |
Aitem7 |
.1585 |
.113 |
Valid |
Aitem8 |
.1748 |
.113 |
Valid |
Aitem9 |
.2429 |
.113 |
Valid |
Aitem10 |
.4541 |
.113 |
Valid |
Aitem11 |
.3494 |
.113 |
Valid |
Aitem12 |
.2018 |
.113 |
Valid |
Aitem13 |
.1873 |
.113 |
Valid |
Aitem14 |
.4431 |
.113 |
Valid |
Aitem15 |
.2302 |
.113 |
Valid |
Aitem16 |
-.0047 |
.113 |
Tidak Valid |
Aitem17 |
.1954 |
.113 |
Valid |
Aitem18 |
.4083 |
.113 |
Valid |
Aitem19 |
.3054 |
.113 |
Valid |
Aitem20 |
.5007 |
.113 |
Valid |
Aitem21 |
.1252 |
.113 |
Valid |
Aitem22 |
.4024 |
.113 |
Valid |
Aitem23 |
.3232 |
.113 |
Valid |
Aitem24 |
.2529 |
.113 |
Valid |
Aitem25 |
.2919 |
.113 |
Valid |
Aitem26 |
.3970 |
.113 |
Valid |
Aitem27 |
-.0312 |
.113 |
Tidak Valid |
Aitem28 |
.2095 |
.113 |
Valid |
Aitem29 |
.5007 |
.113 |
Valid |
Aitem30 |
.3592 |
.113 |
Valid |
v
Berdasarkan tabel tersebut terdapat 9 aitem
valid yaitu aitem nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17,
18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 28 dan 29, sedangkan ada 2 aitem yang tidak
valid yaitu aitem nomor 7 dan 27.
1.
Analisis Validitas Item untuk Tiap Dimensi/Indikator
(Faktor)
1) Dimensi Pertama disebut juga dengan Faktor
1
Ø Dimensi
Kemandirian Siswa yang pertama adalah “Mempunyai Inisiatif” yang terdiri
dari 2 indikator yaitu “Merencanakan sesuatu dengan sendirinya” dan “Mengatasi
masalahnya sendiri”, yang mana terdiri dari 11 aitem, antara lain aitem nomor
1, 4, 7, 8, 10, 14, 20, 23, 26, 27 dan 29. Hasil output SPSS versi 11.5 adalah
sebagai berikut:
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM1 2.4429 .9846 350.0
2. AITEM4 1.7171 .9163 350.0
3. AITEM7 3.0657 .7748 350.0
4. AITEM8 2.0486 1.0628 350.0
5. AITEM10 2.3229 .8901 350.0
6. AITEM14 2.0571 1.0364 350.0
7. AITEM20 2.6057 .9046 350.0
8. AITEM23 2.9514 .9305 350.0
9. AITEM26 2.2943 .9938 350.0
10.
AITEM27 2.3429 .9528 350.0
11.
AITEM29 2.3800 .9028 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 26.2286 23.6553
4.8637 11
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item
Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM1 23.7857 19.3093 .3902 .6030
AITEM4 24.5114 20.1933 .3185 .6181
AITEM7 23.1629 22.9906 .0087 .6665
AITEM8 24.1800 20.6466 .1946 .6445
AITEM10 23.9057 19.2146 .4675 .5902
AITEM14 24.1714 17.9935 .5218 .5723
AITEM20
23.6229 19.2442 .4527 .5925
AITEM23 23.2771 21.0089 .2087 .6386
AITEM26 23.9343 19.2535 .3915 .6026
AITEM27 23.8857 23.1445 -.0433 .6842
AITEM29 23.8486 19.6991 .3920 .6043
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 11
Alpha = .6443
v
Berdasarkan Harga Corrected Item Total Correlation tiap
aitem dibandingkan dengan r Tabel, maka dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 2.2: Hasil Validitas
Dimensi/Indikator (Perfaktor)
Aitem |
Corrected Item Total Correlation |
r Table |
Keterangan |
Aitem1 |
.3902 |
.113 |
Valid |
Aitem4 |
.3185 |
.113 |
Valid |
Aitem7 |
.0087 |
.113 |
Tidak Valid |
Aitem8 |
.1946 |
.113 |
Valid |
Aitem10 |
.4675 |
.113 |
Valid |
Aitem14 |
.5218 |
.113 |
Valid |
Aitem20 |
.4527 |
.113 |
Valid |
Aitem23 |
.2087 |
.113 |
Valid |
Aitem26 |
.3915 |
.113 |
Valid |
Aitem27 |
-.0433 |
.113 |
Tidak Valid |
Aitem29 |
.3920 |
.113 |
Valid |
v
Berdasarkan tabel tersebut terdapat 9 aitem
valid yaitu aitem nomor 1, 4, 8, 10, 14, 20, 23, 26 dan 29, sedangkan ada 2
aitem yang tidak valid yaitu aitem nomor 7 dan 27.
2) Dimensi Kedua disebut dengan Faktor 2
v
Dimensi Kemandirian Siswa yang kedua adalah ”Bertanggung
jawab”
yang terdiri dari 2 indikator yaitu “Mengambil resiko atas keputusan
yang telah diambil” dan “Melaksanakan hak dan kewajibanya sendiri”, yang mana
terdiri dari 9 aitem, antara lain aitem nomor 2, 6, 9, 12, 18, 19, 22, 24 dan
28. Hasil output SPSS versi 11.5 adalah sebagai berikut:
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM2 3.1343 .6828 350.0
2. AITEM6 3.1571 .7346 350.0
3. AITEM9 2.7371 1.0266 350.0
4. AITEM12 3.4286 .8113 350.0
5. AITEM18 2.2314 .9088 350.0
6. AITEM19 2.3686 1.0591 350.0
7. AITEM22 2.6143 .8613 350.0
8. AITEM24 3.2829 .7359 350.0
9. AITEM28 3.4000 .8925 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 26.3543 13.7251
3.7047 9
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM2 23.2200 11.9314 .2815 .5414
AITEM6 23.1971 11.1100 .4238 .5045
AITEM9 23.6171 11.1768 .2177 .5609
AITEM12 22.9257 11.6449 .2568 .5454
AITEM18 24.1229 11.2943 .2627 .5439
AITEM19 23.9857 11.2978 .1834 .5740
AITEM22 23.7400 11.1672 .3155 .5284
AITEM24 23.0714 11.6367 .3081 .5335
AITEM28 22.9543 11.5624 .2251 .5548
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 9
Alpha = .5721
v
Berdasarkan Harga Corrected Item Total Correlation tiap
aitem dibandingkan dengan r Tabel, maka dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 2.2: Hasil Validitas
Dimensi/Indikator (Perfaktor)
Aitem |
Corrected Item Total Correlation |
r Table |
Keterangan |
Aitem2 |
.2815 |
.113 |
Valid |
Aitem6 |
.4238 |
.113 |
Valid |
Aitem9 |
.2177 |
.113 |
Valid |
Aitem12 |
.2568 |
.113 |
Valid |
Aitem18 |
.2627 |
.113 |
Valid |
Aitem19 |
.1834 |
.113 |
Valid |
Aitem22 |
.3155 |
.113 |
Valid |
Aitem24 |
.3081 |
.113 |
Valid |
Aitem28 |
.2251 |
.113 |
Valid |
v
Berdasarkan tabel tersebut semua aitem (9 aitem)
valid yaitu aitem nomor 2, 6, 9, 12, 18, 19, 22, 24 dan 28.
3) Dimensi Ketiga disebut dengan Faktor 3
Ø Dimensi
Kemandirian Siswa yang kedua adalah ”Percaya diri” yang terdiri
dari 3 indikator yaitu “Melakukan sesuatu berdasarkan kemampuanya
sendiri”, “Merasa apa yang telah dilakukan benar” dan “Merasa teguh pendirian”,
yang mana terdiri dari 10 aitem, antara lain aitem nomor 3, 5, 11, 13, 15, 16,
17, 21, 25, dan 30. Hasil output SPSS
versi 11.5 adalah sebagai berikut:
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM3 2.9743 .9221 350.0
2. AITEM5 2.8914 .6240 350.0
3. AITEM11 2.6057 .8181 350.0
4. AITEM13 2.3914 .8753 350.0
5. AITEM15 2.5400 .9347 350.0
6. AITEM16 2.6486 1.1478 350.0
7. AITEM17 1.7543 .9795 350.0
8. AITEM21 2.5457 .8937 350.0
9. AITEM25 2.6914 .8059 350.0
10.
AITEM30 2.0600 .9048 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 25.1029 13.5481
3.6808 10
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM3 22.1286 11.5278 .1868 .4182
AITEM5 22.2114 12.1615 .2292 .4124
AITEM11 22.4971 11.3682 .2738 .3904
AITEM13 22.7114 11.7360 .1744 .4227
AITEM15 22.5629 11.0089 .2685 .3873
AITEM16 22.4543 12.1856 .0056
.4995
AITEM17 23.3486 11.3223 .1921 .4162
AITEM21 22.5571 11.5712 .1938 .4158
AITEM25 22.4114 12.0480 .1520 .4300
AITEM30 23.0429 11.5483 .1921 .4164
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 10
Alpha = .4474
Ø Berdasarkan
Harga Corrected Item Total Correlation tiap
aitem dibandingkan dengan r Tabel, maka dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 2.2: Hasil Validitas
Dimensi/Indikator (Perfaktor)
Aitem
|
Corrected
Item Total Correlation
|
r Tabel
|
Keterangan
|
Aitem3
|
.1868
|
.113
|
Valid
|
Aitem5
|
.2292
|
.113
|
Valid
|
Aitem11
|
.2738
|
.113
|
Valid
|
Aitem13
|
.1744
|
.113
|
Valid
|
Aitem15
|
.2685
|
.113
|
Valid
|
Aitem16
|
.0056
|
.113
|
Tidak Valid
|
Aitem17
|
.1921
|
.113
|
Valid
|
Aitem21
|
.1938
|
.113
|
Valid
|
Aitem25
|
.1520
|
.113
|
Valid
|
Aitem30
|
.1921
|
.113
|
Valid
|
v
Berdasarkan tabel tersebut terdapat 9 aitem
valid yaitu aitem nomor 3, 5, 11, 13, 15, 17, 21, 25, dan 30, sedangkan ada 1 aitem yang tidak
valid yaitu item nomor 16.
D.
Uji Reliabilitas
Reliabilitas alat ukur dapat dipercaya
apabila dalam beberapa kali pengukuran terhadap subjek yang sama diperoleh
hasil relative sama untuk mencari reliabilitas alat ukur skala kemandirian
siswa digunakan rumusan alpha.
Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:
α =
Keterangan:
α = reliabilitas instrumen
K = Banyaknya butir pertanyaan
∑ α = jumlah varian butir
α = varian total
Reliabilitas
alat tes yang juga menunjukkan derajat kekeliruan pengukuran tidak dapat
ditentukan dengan pasti, melainkan hanya dapat diestimasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis
hasil validitas dan reliabilitas adalah dengan menggunakan program SPSS versi
11.5 yang mana rumus yang dipakai adalah rumus Aplha.
Adapun analisis reliabilitas dengan menggunakan SPSS 11.5
adalah sebagai berikut:
v
Menentukan
Hipotesis
Ho: Skor aitem berkorelasi positif dengan skor faktor
Ha: Skor aitem tidak berkorelasi positif dengan skor
faktor
v Menentukan besarnya nilai r table dengan ketentuan df = N-2. pada
kasus diatas karena N=114, berarti df=348 (350-2), dengan meenggunakan tingkat
signifikansi 5%. Diperoleh r table sebesar 0.113 (untuk mengetahui
harga r table: Lihat Table Nilai r Product Moment, atau Table Koefisien
Korelasi (r) Pearson).
v Ketentuan:
· Jika
harga r Alpha bertanda positif dan < r tabel, maka variabel tidak reliabel.
· Jika
harga r Alpha bertanda negatif dan < r tabel, maka variabel tidak reliabel.
· Jika
harga r Alpha bertanda negatif dan > r tabel, maka variabel tidak reliabel.
· Jika
harga r Alpha bertanda positif dan > r tabel, maka variabel reliabel.
v Jadi variabel yang reliabel adalah apabila Harga r Alpha bertanda positif dan > r Tabel.
v
Analisis
Reliabilitas
Dimensi atau indicator (faktor) adalah jumlah/kumpulan dari
sejumlah aitem yang ada didalamnya. Dalam Skala Kemandirian Siswa ini terdapat
3 Dimensi/factor.
Analisis reliabilitas hanya diperuntukkan bagi
dimensi/indicator/aitem yang semua aitemnya valid.
Hasil
output SPSS versi 11.5 adalah sebagai berikut:
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
R E L I A B I L I T Y A N A L Y S I S - S
C A L E (A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1.
FAKTOR1 20.8200 4.7347 350.0
2.
FAKTOR2 26.3543 3.7047 350.0
3.
FAKTOR3 22.4543 3.4908 350.0
N of
Statistics
for Mean Variance
Std Dev Variables
SCALE 69.6286 91.1339
9.5464 3
Item-total
Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total
if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
FAKTOR1 48.8086 35.1753 .5972 .5268
FAKTOR2 43.2743 50.4460 .5123 .6281
FAKTOR3 47.1743 53.8406 .4901 .6574
Reliability
Coefficients
N of Cases
= 350.0 N of Items = 3
Alpha = .7046
Ø Berdasarkan
Harga Corrected Item Total Correlation tiap
aitem dibandingkan dengan r Tabel, maka dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 2.2: Hasil
Reliabilitas
Faktor |
Corrected Item Total Correlation |
r Tabel |
Keterangan |
Faktor1 |
.5972 |
.113 |
Valid |
Faktor2 |
.5123 |
.113 |
Valid |
Faktor3 |
.4901 |
.113 |
Valid |
Ø Berdasarkan tabel tersebut semua factor yaitu faktor1, faktor2, dan factor 3 adalah valid.
Ø Berdasarkan analisis reliabilitas atau analisis validitas dimensi/indicator/factor adalah valid untuk mengukur konstrak Kemandirian Siswa.
v
Catatan:
Ø
Berdasarkan
nilai koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0.7046 dan lebih besar dari r tabel
sebesar 0.113. Maka instrument tersebut
sangat reliabel. Artinya semua aitem
sangat reliabel sebagai instrument pengumpul data.
Ø
Kriteria lain menyebutkan jika nilai korelasi
sama dengan atau > 0.80 maka instrumen tersebut reliabel, sebaiknya kalau
< 0.80 maka instrumen kurang reliable (Sarwono, 2006). Berdasarkan nilai
koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0.7046 < 0.80 maka instrumen tersebut
kurang reliabel. Artnya semua item tersebut kurang reliabel sebagai instrumen
pengumpul data.
E.
Seleksi dan Perakitan Aitem
Pernyataan-pernyataan yang akan dirakit menjadi pernyataan dalam alat ukur
ini diseleksi dengan menggunakan teknik analisis uji validitas dan reliabilitas
data program SPSS (Statisticail Package
For The Social Sciences) versi 11.5.
Berdasarkan
distribusi subjek sebanyak 100 maka r
tabel dengan taraf signifikansi 5% harga r tabel = 0.113 dan nilai ini dapat
dijadikan sebagai batas minimal.
Untuk mengetahui
pernyataan-pernyataan yang akan dirakit menjadi pernyataan dalam alat ukur,
maka perlu kiranya untuk dianalisis tiap-tiap indikator pada skala psikologi
tersebut agar mudah mengetahui mana yang itemnya valid dan tidak.
Berdasarkan uji validitas dan
reliabilitas dengan program SPSS versi 11.5 dari kriteria tersebut didapatkan 27 aitem yang dapat diterima,
yaitu pada aitem nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18,
19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 28, 29
dan 30 Sedangkan ada 3 aitem yang gugur yaitu pada aitem nomor 7, 16 dan 27. Berikut pembahasan 27 aitem yang valid dan 3 aitem
yang gugur:
v
Pembahasan
Aitem yang Diterima (Valid)
Ø
Aitem-aitem yang Diterima (Valid)
·
Aitem No. 1
1.
Sebelum
berangkat sekolah, saya belajar materi yang akan di pelajari dikelas.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.3902 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 2
2.
Saya berani menerima hukuman bila melanggar tata
tertib sekolah.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.2815 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 3
3.
Saya menyiapkan kebutuhan sekolah sendiri.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.1868 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 4
4.
Dalam mengerjakan tugas, saya minta bantuan teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.3185 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 5
5.
Saya tetap mengumpulkan tugas meskipun berbeda
dengan hasil teman-teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.2292 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 6
6.
Saya mematuhi semua peraturan, baik di rumah
maupun di sekolah.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi item totalnya
0.4238 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 8
8.
Saya gelisah bila akan menghadapi ujian.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1946 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 9
9.
Jika mendapatkan nilai jelek, saya pantas di
marahi orang tua.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2177 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 10
10.
Saya menyelesaikan sendiri soal-soal ujian,
meskipun sulit.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.4675 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 11
11.
Merasa nyaman atas apa yang saya lakukan
walaupun berbeda dengan teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2738 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 12
12.
Saya merasa tenang bila mendapatkan nilai ujian
yang jelek.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2568 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 13
13.
Tugas yang saya kerjakan jauh lebih baik dari
pada yang di kerjakan teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1744 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 14
14.
Ketika mengerjakan soal ujian yang sulit, saya
mencontek hasil teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.5218 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 15
15.
Saya tetap mempertahankan pendapat sendiri
meskipun berbeda dengan yang lain.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2685 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 17
17.
Saya lebih suka mengerjakan tugas sendiri dari
pada berkelompok.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1921 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 18
18.
Semua tugas sekolah saya kerjakan sendiri.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2627 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 19
19.
Saya kecewa bila ada jam kosong atau ada guru
yang izin
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1834 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 20
20.
Sesampainya dirumah, saya mengulas kembali
pelajaran yang telah guru berikan.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.4527 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 21
21.
Saya lebih percaya pendapat teman dari pada
pendapat sendiri.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1938 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 22
22.
Saya menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat
waktu.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.3155 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 23
23.
Jika hanya dimarahi orang tua saja, saya baru
akan mengerjakan tugas sekolah.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2087 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 24
24.
Saya senang melimpahkan kesalahan pada teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.3081 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 25
25.
Saya mudah terpengaruh oleh pendapat teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1520 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 26
26.
Setiap jam istirahat saya meluangkan waktu untuk membaca buku diperpustakaan.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.3915 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 28
28.
Saya melarikan diri bila melanggar peraturan
sekolah
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.2251 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 29
29.
Saya lebih senang mengerjakan tugas sendiri.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.3920 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 30
30.
Tugas yang saya kerjakan sama dengan yang di
kerjakan teman.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.1921 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
v
Pembahasan
Aitem yang Gugur
Ø
Aitem-aitem yang Tidak Diterima (Gugur)
·
Aitem No. 7
7.
Saya meminjam buku catatan teman bila
ketinggalan pelajaran.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.0087 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
tinggi. Artinya aitem ini memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok responden
yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai sikap
negatif.
·
Aitem No. 16
16.
Saya bingung bila mendapatkan nilai ujian yang jelek.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
0.0056 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
rendah. Artinya aitem ini tidak memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
·
Aitem No. 27
27.
Berangkat dan pulang sekolah saya diantar jemput
orang tua.
Aitem ini valid dengan koefisien korelasi aitem totalnya
-0.0433 > 0.113. Dengan kata lain aitem ini memiliki daya diskriminasi yang
rendah. Artinya aitem ini tidak memungkinkan untuk memisahkan antara kelompok
responden yang mempunyai sikap positif dan kelompok responden yang mempunyai
sikap negatif.
BAB VII
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Laporan
pengembangan skala pengukuran merupakan usaha untuk menyusun alat ukur atribut
non-kognitif yang baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah digariskan oleh
Sumardi Suryabrata (1988). Langkah yang
dilakukan disini hanya samapi pada perakitan butir aitem berdasarkan daya beda
yang dihitung melalui proses uji coba.
Meskipun tidak sepenuhnya
langkah-langkah pengembangan alat ukur ini mengikuti prosedur yang ada, namun
latihan ini telah memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam pengembangan
alat ukur.
Hasil dari pengembangan alat ukur ini
adalah 30 pernyataan yang memiliki daya beda yang baik untuk mengungkap kemandirian
siswa (siswa-siswi SMP “AL-Islam” Krian), dengan program SPSS versi 11.5 dari
kriteria tersebut didapatkan bahwasanya:
1. Dari 30
aitem yang diuji cobakan terdapat 27 aitem
yang diterima (valid), yaitu aitem
nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 17, 18, 19, 20, 21, 22,
23, 24, 25, 26, 28, 29 dan 30. Sedangkan terdapat 3 aitem yang tidak diterima (gugur), yaitu aitem nomor 7, 16 dan 27
2.
Berdasarkan nilai koefisien Cronbach’s Alpha
sebesar 0.7046 dan lebih besar dari r tabel sebesar 0.113. Maka instrument tersebut sangat
reliabel. Artinya semua aitem sangat
reliabel sebagai instrument pengumpul data.
3.
Kriteria lain menyebutkan jika nilai korelasi
sama dengan atau > 0.80 maka instrumen tersebut reliabel, sebaiknya kalau
< 0.80 maka instrumen kurang reliable (Sarwono, 2006). Berdasarkan nilai
koefisien Cronbach’s Alpha sebesar 0.7152 < 0.80 maka instrumen tersebut
kurang reliabel. Artnya semua item tersebut kurang reliabel sebagai instrumen
pengumpul data.
B.
Saran
Dengan
30 aitem keseluruan yang lolos 90 % dari jumlah keseluruan aitem yang diuji
cobakan menunjukkan bahwa aitem yang ada sudah dapat dikatakan baik. Agar
diperoleh aitem yang valid, peneliti berikutnya harus membuat bahasa yang
simpel, mudah dipahami, tidak ambigu dan tidak menggandung pengertian yang bias.
Selain itu, perlu adanya penambahan subjek agar skala yang diisi mampu mewakili
sebagian besar range subyek yang dijadikan tujuan kawasan ukur.
Dalam
masa penyusunan skala psikologi sebaiknya peneliti selalu berkonsultasi dengan
dosen pembimbing mata kuliah penyusunan psikologi, agar peneliti tetap terarah
dalam penyususnan skala psikologi tersebut.
Yang
tidak kalah pentingnya adalah dalam pemberian angket atau kuesioner sebaiknya
peneliti memberitahukannya terlebih dahulu untuk apa pemberitahuan angket atau
kuesioner ini kepada subyek, agar subyek tidak kebingungan saat menerima angket
atau kuesioner tersebut.
Lampiran
1
Skala Kemandirian Siswa
Nama
: ………………………..
Kelas
: ………………………..
Petunjuk
Baca
dan pahamilah pernyataan berikut ini dan kemudian nyatakanlah apakah isinya
sesuai keadaan diri anda dengan cara menyilang pernyataan pilihan sebagai
berikut:
STS
: Sangat tidak setuju.
TS
: Tidak setuju.
N : Netral.
S :
Setuju.
SS
: Sangat setuju.
1. Sebelum
berangkat sekolah, saya belajar materi yang akan di pelajari dikelas.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
2. Saya
berani menerima hukuman bila melanggar tata tertib sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
3. Saya
menyiapkan kebutuhan sekolah sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
4. Dalam
mengerjakan tugas, saya minta bantuan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
5. Saya
tetap mengumpulkan tugas meskipun berbeda dengan hasil teman-teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
6. Saya
mematuhi semua peraturan, baik di rumah maupun di sekolah.
[STS]
[TS] [N] [S] [SS]
7. Saya
meminjam buku catatan teman bila ketinggalan pelajaran.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
8. Saya
gelisah bila akan menghadapi ujian.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
9. Jika
mendapatkan nilai jelek, saya pantas di marahi orang tua.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
10. Saya
menyelesaikan sendiri soal-soal ujian, meskipun sulit.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
11. Merasa
nyaman atas apa yang saya lakukan walaupun berbeda dengan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
12. Saya
merasa tenang bila mendapatkan nilai ujian yang jelek.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
13. Tugas
yang saya kerjakan jauh lebih baik dari pada yang di kerjakan teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
14. Ketika
mengerjakan soal ujian yang sulit, saya mencontek hasil teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
15. Saya
tetap mempertahankan pendapat sendiri meskipun berbeda dengan yang lain.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
16. Saya
bingung bila mendapatkan nilai ujian
yang jelek.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
17. Saya
lebih suka mengerjakan tugas sendiri dari pada berkelompok.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
18. Semua
tugas sekolah saya kerjakan sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
19. Saya
kecewa bila ada jam kosong atau ada guru yang izin.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
20. Sesampainya
dirumah, saya mengulas kembali pelajaran yang telah guru berikan.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
21. Saya
lebih percaya pendapat teman dari pada pendapat sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
22. Saya
menyelesaikan tugas-tugas dengan tepat waktu.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
23. Jika
hanya dimarahi orang tua saja, saya baru akan mengerjakan tugas sekolah.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
24. Saya
senang melimpahkan kesalahan pada teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
25. Saya
mudah terpengaruh oleh pendapat teman.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
26. Setiap
jam istirahat saya meluangkan waktu
untuk membaca buku di perpustakaan.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
27. Berangkat
dan pulang sekolah saya diantar jemput orang tua.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
28. Saya
melarikan diri bila melanggar peraturan sekolah
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
29. Saya
lebih senang mengerjakan tugas sendiri.
[STS] [TS] [N] [S] [SS]
30. Tugas
yang saya kerjakan sama dengan yang di kerjakan teman
[STS] [TS] [S] [SS]
Lampiran 3
PERHITUNGAN
VALIDITAS AITEM
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM1 2.4429 .9846 350.0
2. AITEM4 1.7171 .9163 350.0
3. AITEM7 3.0657 .7748 350.0
4. AITEM8 2.0486 1.0628 350.0
5. AITEM10 2.3229 .8901 350.0
6. AITEM14 2.0571 1.0364 350.0
7. AITEM20 2.6057 .9046 350.0
8. AITEM23 2.9514 .9305 350.0
9. AITEM26 2.2943 .9938 350.0
10.
AITEM27 2.3429 .9528 350.0
11.
AITEM29 2.3800 .9028 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 26.2286 23.6553
4.8637 11
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM1 23.7857 19.3093 .3902 .6030
AITEM4 24.5114 20.1933 .3185 .6181
AITEM7 23.1629 22.9906 .0087 .6665
AITEM8 24.1800 20.6466 .1946 .6445
AITEM10 23.9057 19.2146 .4675 .5902
AITEM14 24.1714 17.9935 .5218 .5723
AITEM20 23.6229 19.2442 .4527 .5925
AITEM23 23.2771 21.0089 .2087 .6386
AITEM26 23.9343 19.2535 .3915 .6026
AITEM27 23.8857 23.1445 -.0433 .6842
AITEM29 23.8486 19.6991 .3920 .6043
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0
N of Items = 11
Alpha = .6443
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM2 3.1343 .6828 350.0
2. AITEM6 3.1571 .7346 350.0
3. AITEM9 2.7371 1.0266 350.0
4. AITEM12 3.4286 .8113 350.0
5. AITEM18 2.2314 .9088 350.0
6. AITEM19 2.3686 1.0591 350.0
7. AITEM22 2.6143 .8613 350.0
8. AITEM24 3.2829 .7359 350.0
9. AITEM28 3.4000 .8925 350.0
N of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 26.3543 13.7251
3.7047 9
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM2 23.2200
11.9314 .2815 .5414
AITEM6 23.1971 11.1100 .4238 .5045
AITEM9 23.6171 11.1768 .2177 .5609
AITEM12 22.9257 11.6449 .2568 .5454
AITEM18 24.1229 11.2943 .2627 .5439
AITEM19 23.9857 11.2978 .1834 .5740
AITEM22 23.7400 11.1672 .3155 .5284
AITEM24 23.0714 11.6367 .3081 .5335
AITEM28 22.9543 11.5624 .2251 .5548
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 9
Alpha = .5721
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y
S I S - S C A L E
(A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1. AITEM3 2.9743 .9221 350.0
2. AITEM5 2.8914 .6240 350.0
3. AITEM11 2.6057 .8181 350.0
4. AITEM13 2.3914 .8753 350.0
5. AITEM15 2.5400 .9347 350.0
6. AITEM16 2.6486 1.1478 350.0
7. AITEM17 1.7543 .9795 350.0
8. AITEM21 2.5457 .8937 350.0
9. AITEM25 2.6914 .8059 350.0
10.
AITEM30 2.0600 .9048 350.0
N
of
Statistics for Mean
Variance Std Dev Variables
SCALE 25.1029 13.5481
3.6808 10
Item-total Statistics
Scale Scale Corrected
Mean
Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
AITEM3 22.1286 11.5278 .1868 .4182
AITEM5 22.2114 12.1615 .2292 .4124
AITEM11 22.4971 11.3682 .2738 .3904
AITEM13 22.7114 11.7360 .1744 .4227
AITEM15 22.5629 11.0089 .2685 .3873
AITEM16 22.4543 12.1856 .0056 .4995
AITEM17 23.3486 11.3223 .1921 .4162
AITEM21 22.5571 11.5712 .1938 .4158
AITEM25 22.4114 12.0480 .1520
.4300
AITEM30 23.0429 11.5483 .1921 .4164
Reliability Coefficients
N of Cases = 350.0 N of Items = 10
Alpha = .4474
Lampiran 4
PERHITUNGAN
VALIDITAS PERFAKTOR/INDIKATOR
Reliability
****** Method 1 (space saver) will be used for
this analysis ******
_
R E L I A B I L I T Y A N A L Y S I S - S
C A L E (A L P H A)
Mean Std Dev Cases
1.
FAKTOR1 20.8200 4.7347 350.0
2.
FAKTOR2 26.3543 3.7047 350.0
3.
FAKTOR3 22.4543 3.4908 350.0
N of
Statistics
for Mean Variance
Std Dev Variables
SCALE
69.6286 91.1339 9.5464 3
Item-total
Statistics
Scale Scale Corrected
Mean Variance Item- Alpha
if Item if Item Total if Item
Deleted Deleted Correlation Deleted
FAKTOR1 48.8086 35.1753 .5972 .5268
FAKTOR2 43.2743 50.4460 .5123 .6281
FAKTOR3 47.1743 53.8406 .4901 .6574
Reliability
Coefficients
N of
Cases = 350.0 N of Items = 3
Alpha
= .7046
assalamualaikum., maaf apa saya boleh meminta daftar pustaka nya mba yang kosep kemandirian? untuk referensi skripsi,. tirms ini email saya
BalasHapusshinkeichijrock@gmail.com
assalamualaikum., maaf apa saya boleh meminta daftar pustakanya mbak yang konsep kemandirian? untuk referensi tugas metodologi penelitian kuantitatif, terimaksih sebelumnya, ini alamat email saya nurkholifahdwi@gmail.com
BalasHapusidem mba,,blhkan saya minta daftar pustakanya? untuk keperluan tesis. terimakasih email saya ananisa@ymail.com
BalasHapusassalamu alaikum, mbak bisa minta referensi untuk aspek" dan indikatornya nggak ???,, buat keperluan skripsi. terimakasih :),, email saya nuriindah.ysf@gmail.com
BalasHapusassalamualaikum mba hanna.... mba minta tolong dong minta referensi aspek-aspek dan indikator kemandirian... tolong mba untuk skripsi saya... emai saya maulidah_pipit@yahoo.com
BalasHapusassalamu'alaikum mba Anna Al Hanna... bisa minta tolong kirimin ke email saya daftar pustaka tentang teori, aspek dan indikator kemandirian... email saya toto_muryanto@ymail.com
BalasHapusterima kasih atas bantuannya... wassalamua'alaikum...
@TotoMuryanto sory aku sudah balas emailmu tapi kog gak bisa ya,,,
BalasHapusmbak bisa minta daftar pustakanya tentang kemandirian siswa buat skripsi saya.. email saya nataliasilalahi75@yahoo.com.. makasih sebelumnya mbak..
BalasHapusmba, bisa minta referensi daftar pustaka ttang kemandirian ama daftar pustaka tentang indikator kemandirian. buat tugas saya, kirim ke e mail saya aja mbak, anthycamurty@yahoo.com makasih mba,
BalasHapusAssalamualaikum, mba boleh minta daftar pustakanya tentang teori, aspek dan indikator kemandirian untuk skripsi saya ke email lovie.adikayanti@gmail.com terimakasih sebelumnya
BalasHapusassalamualaikum?
BalasHapusmbk? boleh minta daftar pustaka dan indikator kemandirian belajar untuk skripsi saya mbk, email saya azizahmilawati@ymail.com
Selamat pagi kak. boleh minta daftar pustaka beserta definisi kemandirian menurut para ahli untuk tugas kuliah saya? tolong ya kak. Email saya ediitio@yahoo.co.id
BalasHapusAssalamualaiku.
BalasHapusmba saya boleh minta daftar pustakanya
untuk skripsi saya . Ini email saya
fahmigbastian@gmail.com
makasih .
Assalamualaiku.
BalasHapusmba saya boleh minta daftar pustakanya
untuk skripsi saya . Ini email saya
fahmigbastian@gmail.com
makasih .
Assalamualaikum, mba boleh minta daftar pustakanya tentang teori, aspek dan indikator kemandirian untuk skripsi saya ke email ranipgsdc@gmail.com terimakasih
BalasHapusBalas
Mbak, apa saya boleh minta daftar pustakanya tentang kemandirian? Email saya anggunlestari9993@gmail.com. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak telah berkenan membantu.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum. mba, boleh minta daftar pustaka tentang indikator kemandirian belajarnya? untuk skripsi saya. ini email saya midori_seiji28@yahoo.com
BalasHapusmakasih sebelumnya.
Assalamu'alaikum
BalasHapusmba saya boleh minta daftar pustakanya
untuk skripsi saya . Ini email saya
gilasaya0@gmail.com terima kasih banyak sebelumnya :)
Assalamualaikum.
BalasHapuskaka boleh minta referensinya kak?
ghuci.macintosh@gmail.com itu emailku kak.
terima kasih sebelumnya :)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusassalamualaikum., maaf apa saya boleh meminta daftar pustaka nya mba yang kosep kemandirian? untuk referensi tugas Psikologi Kemandirian Siswa.
Hapustirms ini email saya : wahyukerisna@gmail.com
assalamualaikum., maaf apa saya boleh meminta daftar pustaka nya mba yang kosep kemandirian? untuk referensi tugas Psikologi Kemandirian.
BalasHapustirms ini email saya : wahyukerisna@gmail.com
permisi , maaf apa saya boleh meminta daftar pustakanya yang konsep kemadirian ini mba? untuk referensi tugas saya. terima kasih , ini email saya meylianistevani@yahoo.co.id
BalasHapusAssalamu'alaikum mbak hanna... maaf sebelumnya saya juga akan meneliti tentang kemandirian siswa... jika saya boleh tau judul lengkap referensi buku yang mbak hanna gunakan dalam makalah panjenengan ini apa yah mbak?????
BalasHapuskirim di email saya bisa mbak atas nama pu3nurjannah@gmail.com
syukron, jazakumullah katsiroh...
Wassalumu'alaikum wr wb
Assalamualikum mba Hanna.... boleh saya minta refernsi bukunya untuk referensi skripsi saya.... kirimkan ke email saya ernifatma16@gmail.com.... terimakasih
BalasHapusassalamualaikum Mba hanna..... saya boleh minta referensinya mba buat keperluan skripsi saya.. kalo boleng tolong kirimkan ke ernifatma16@gmail.com terima kasih....
BalasHapusassalamualaikum mba saya juga boleh minta referensi buku yang di gunakannya, yang dari kartini kartono thun 1987 yang isinya materi kemandirian, buat keperluan skripsi saya tolong kirim ke bicil11@yahoo.com. terimakasiih...
BalasHapusassalamualaikum mba saya juga boleh minta referensi buku yang di gunakannya, yang dari kartini kartono thun 1987 yang isinya materi kemandirian, buat keperluan skripsi saya tolong kirim ke bicil11@yahoo.com. terimakasiih...
BalasHapusmaaf seribu kali maaf ya teman - teman bukan maksud untuk tidak memberikan referensi atau daftar pustaka pada kalian, karna saya jarang benget ngcek email ataupun blog, jika ada keprluan bisa langsung hub atau inbox facebook saya saja, Anna Al hanna terima kasih dan mohon maaf yg sebesar - besarnya. slam :)
BalasHapusMaaf sebelumnya minta ijin minta tolong kirimin daftar pustakanya, karna untuk refrensi tugaa skripsi
BalasHapusMaaf sebelumnya minta ijin minta tolong kirimin daftar pustakanya, karna untuk refrensi tugaa skripsi
BalasHapusirmagraini02@gmail.com
Terima kasih
Mohon bantuannya untuk dikirimkan daftar pustakanya, buat refrensi Tesis. dikirim di ferysmn@gmail.com.... makasih
BalasHapusBoleh minta daftar pustaka indikator mandiri kirim ke email wiwitindahutami83@gmail.com
BalasHapushalo mba boleh minta daftar pustaka nya? untuk keperluan observasi psikologi, jika berkenan tolong kirim ke email verenapatrin75@gmail.com terimakasih
BalasHapus