Selasa, 08 Januari 2013

LAPORAN HASIL OBSERVASI PSIKOTERAPI PONDOK NAILUL FALAH


LAPORAN HASIL OBSERVASI
PSIKOTERAPI PONDOK NAILUL FALAH
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Pada mata kuliah Psikologi Islam

IAIN Warna
Oleh:
Siti Roikhanah           B07208146
                                                Trisna Noviyanti        B07208098
Moh. Suhariyanto      B07208134
Lailatul  Zumaroh       B07208
Nihla Orchida B07208149

Dosen Pembimbing:


PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2011

1.      Pendahuluan
1.1.             Latar Belakang
Pada zaman modern ini, banyak mayarakat kita yng mengalami banyak problem atau maslah-masalah baik secara individu maupun sosial seperti depresi, kecemasan dan kegelisahan bahkan masih banyak dari masyarakat kita yang menyakini bahkan adanya fenomena kerasukan setan. Sayangnya, masih saja orang yang berpikir bahwa gangguan emosional tersebut bukan benar-benar suatu penyakit. Padahal dibandingkan AIDS atau Narkoba yang menjadi momok saat ini, gangguan emosional itu jauh lebih bertanggung jawab terhadap banyak kematian. Karena hal itu menjadi sumber dari berbagai penyakit.
      Akhir-akhir ini, kesehantan mental yang menjadi suatu perhatian yang sangat penting dalam dunia psikologi. Banyak masyarakat kita yang mengalami gangguan mental emosional dengan berbagai penyebab yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita sendiri.
      Ketika seseorang sudah mengalami gangguan emosional mental seperti merasa stres, cemas, gelisah ataupun lainnya terkadang akan merasa bahwa jiwanya kosong, secara tidak langsung itu justru menjadi peluang bagi makhluk halus untuk memasuki jiwa mereka. Untuk mencegah ataupun menyembuhkan penyakit tersebut psikologi islami atau psikologi agama mempunyai suatu cara yang dinamakan psikoterapi.  

1.2.             Dasar Pemikiran
Psikoterapi adalah pengobatan dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis. Psikoterapi Islam adalah proses pengobatan & penyembuhan suatu penyakit (mental, spiritual, moral, fisik) melalui bimbingan Al Quran dan sunnah nabi. Psikoterapi dapat meliputi penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan kesulitan penyesuaian diri setiap hari.
Psikoterapi mencakup penyembuhan lewat keyakinan agama melalui pembicaraan informal atau diskusi personal dengan guru atau teman. Psikoterapi dipandang sebagai upaya kuatif dalam pengobatan orang sakit jiwa. Sebenarnya bukan hanya untuk pengobatan (kuratif) akan tetapi juga dapat digunakan untuk preventif (upaya pencegahan) dan konstruktif. psikoterapi tidak hanya untuk orang sakit, tetapi  juga untuk orang sehat sebelum mengalami gangguan mental (Carl Gustav Jung).
Adapun tujuan dari psikoterapi adalah sebagai berikut:
1.      Menolong tiap individu agar sehat jasmani & rohani (mental, spiritual, moral)
2.      Menggali dan mengembangkan potensi esensial sumber daya insani
3.      Mengantar individu pada perubahan yang bersifat konstruktif
4.      Meningkatkan kualitas keimanan, keislaman, dan keihsanan dalam kehidupan sehari-hari
5.      Mengantarkan individu  untuk mengenal & mencintai  esensi diri serta dzat yang maha suci
Terapi islami yang digunakan dalam konsep murni islami kajian psikologi ini terkenal dengan sebutan terapi dengan menyebut nama Allah, terapi yang menjadi bentuk ketaatan kepada Allah dengan berbagai sarana yang dihalalkan oleh Allah. Semua terapi yang diisyaratkan penggunaannya adalah terapi islami. Terapi ini tidak harus selalu mengacu pada terapi keagamaan seperti ruqyah, do’a maupun dzikir. Terapi ini sudah dibuktikan validitasnya melalui pengalaman dengan mengambil metode islami dalam aplikasinya hinggga penggunaannya pun menjadi lebih dianjurkan.
Ada 3 kompenen penting dalam terapi
a.       Terapi dengan alat dan obat
b.      Terapi dengan konseling dan bimbingan keagamaan
c.       Terapi dengan ruqyah seperti dzikir dan do’a
Dalam pelaksaannya ada beberapa langkah umum yang dijalani terapis
Langkah umum tersebut sabagai berikut:
a.       Pemilihan tempat terapis
b.      Membangun interaksi yang baik dalam proses terapi
c.       Memilih waktu terapi atau menetukan beberapa kali pertemuan bisa dilaksanakan.
d.      Memilih metode terapi
e.       Mengaitkan fase diagnosis deangan fase identifikasi
f.        Memberikan hasil terapi dan mengakhiri terapi yang ada.
g.       Check up yang berkesinambungan
Ada beberapa terapi dalam islam, yaitu:
·        Terapi massal
·        Evaluasi diri
·        Terapi air
·        Terapi dengan amal perbuatan
·        Terapi dengan permainan
·        Terapi sosial
·        Terapi lingkungan

2.      Hasil Observasi
2.1.             Pelaksanaan Observasi
Pelaksanaan observasi Psikoterapi di Pondok Nailul Falah diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 5 Mei 2011 dengan mendapatkan arahan langsung dari bapak pengasuhnya yaitu Bapak Kyai H. Isa Anshori yang pewaris tunggal ilmu dari bapaknya Romo Yai Roib yang mana beliau adalah pendiri pertama Nailul Falah dan didampingi salah satu pengurus pondoknya yaitu Ustadz Saiful Rizal sebagai petunjuk lokasi observasi dipondok tersebut.   
2.2.             Deskripsi Lokasi Observasi
Pondok Pesantren Nailul Falah adalah pondok yang dibawah naungan yayasan Nailul Falah. Dimana diponpes tersebut tidak hanya terdapat pondok saja, tetapi terdapat TPQ dan Madin Nailul Falah. Terletak di Kulon Embong daerah Suwayuwo Sukorejo Pasuruan. Tidak jauh dari jalan raya dan sebelah kiri pabrik Sampoerna, terdapat gang beberapa rumah kemudian masuk dan sudah terlihat Masjid Nailul Falah. Didepan sebelah kanan terdapat TPQ Nailul Falah, tepat sebelah kanan masjid asrama putra sekaligus asrama pasien putra, dan dibelakang masjid terdapat makam, yang mana makam tersebut adalah makam Almarhum Romo Yai Roib. Dibelakang TPQ nailul Falah terdapat ndalem Gus Isa Anshori, sebelah kiri ndalem asrama putri sekaligus asrama pasien putri. Dan diantara ndalem asrama putra terdapat kolam gelombang, yang mana kolam ini tempat terapi dan mandi santri putra.  
2.3.             Temuan Hasil Observasi
Metode psikoterapi digunakan dipondok Nailul Falah merupakan sebagai media untuk membantu masayarakat dalam menangani segala masalah yang dihadapi oleh mereka yang bermasalah maupun tidak bermasalah baik dari golongan dewasa, remaja maupun anak. Dari masalah-masalah keluarga (rumah tangga), sosial, pribadi misalnya percintaan, terkena narkoba, depresi, yang berhubungan dengan jin dll. Dari hal nyata sampai hal gaib. Bahwasanya banyaknya masalah sehingga seaat ini ditemukan pondok-pondok pesanteran yang menerapkan psikoterapi termasuk pondok Nailul Falah ini. Metode dimana adanya campur tangan keagamaan untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Karena memang sangat diakui bahwa metode ini sangat membantu kita yang bermasalah maupun tidak agar semakin dekat dengan sang Pencipta atau untuk meningkatkan spiritual kita.
Menurut Gus Isa Anshori, penyakit yang dialami manusia itu mempunyai 2 sifat yaitu alamiah dan non alamiah. Penyakit alamiah meliputi segala sesuatu yang berasal dari lahir seperti abnormal. Sedangkan penyakit non alamiah adalah segala penyakit yang berasal atau diciptakan oleh manusia itu sendiri. Misalnya depresi, stres, memakai narkoba dan lain sebagainya. Penyakit alamiah penyembuhannya cenderung lebih mudah dari pada penyakit non alamiah. Sedangkan penyakit non alamiah yang seperti depresi dkk biasanya cenderung menimbulkan adanya pengaruh makhluk gaib. Seperti ketika pasien atau klien mengalami depresi maupun stres pasien akan sering mengelamun dan jiwanya kosong dari iman, hal tersebut mengundang jin untuk menguasai jiwanya. Dan kondisi itu malah semakin memburukkan pasien tersebut.
Berbagai terapi yang telah diterapkan di Pondok nailul falah ini, tergantung seperti apa keluhan dan kondisi pasiennya, adanya yang hanya lewat bimbingan konseling keagamaan atau kata jawanya wejangan pak yai, ada dzikir atau do’a, terapi air, terapi puasa dan terapi lingkungan. Terapi bimbingan dan konseling keagamaan sering kali untuk keluhan yang ringan sehingga cukup dengan terapi tersebut semua bisa terselesaikan. Ada yang dengan membacakan dzikir dan membaca do’a tertentu mampu menenangkan jiwa mereka. Terapi air dilakukan bagi yang cukup parah, dimandikan ditempat khusus atau kolam gelombang oleh salah satu pengurus yang sudah dipercaya mampu, dilakukan disepertiga malam. Dengan cara dimasukkan terus menerus kedalam kolam sela-selanya leher pasien dipijat dengan memanjatkan do’a dan dzikir tertentu.
Tidak hanya itu, terapi air sering digunakan, setiap kamis malam jum’at santri-santri yang akan melaksanakan tahlilan dengan membawa air dan diakhir do’a tahlilan tersebut para santri meniup airnya, air itu dinamakan air yasin yang mana air tersebut sudah dipercaya bisa membantu untuk beberapa terapi yang lain.  
Terapi puasa dilakukan dengan niatan dari terapisnya, terapi ini yang paling diutamakan dan terkenal dipondok Nailul Falah. Bahwasanya anggapan terhadap puasa itu untuk menahan segala nafsu kita, dengan berpuasa akan menyehatkan jasmani dan rohani kita. Sesuai dengan penggalan ayat yang telah diucapkan gus Isa Anshori:

Yang artinya: Berpuasalah maka akan sehat.
Dengan berbuka nasi putih dan air putih saja, jawanya terkenal dengan moteh, kalau pasien kondisinya lebih parah hanya diberikan air putih saja. Manfaat terapi puasa adalah ketika pasien dalam keadaan yang lemah maka dengan muda mengusir jin yang ada dalam diri pasien.
Terapi lingkungan adalah terapi yang dilakukan dalam kondisi yang sudah membaik, sembuh atau pasien sudah tidak merugikan orang-orang disekitarnya, dengan berinteraksi sosial atau dengan diberikan aktifitas-aktifitas yang ada, sehingga pasien mempunyai kegiatan atau aktivitas agar tidak sering melamun dan mulai melupakan masalahnya. Adanya pembangunan dipondok Nailul Falah seperti pembangunan Masjid digunakan sebagai sarana aktivitas pasien-pasien.
 
3.      Analisis Hasil Observasi
Hasil temuan dari observasi yang telah dilakukan diatas, telah disesuaikan dengan adanya teori-teori psikoterapi dalam psikologi islami, menunjukan bahwa pondok Nailul Falah benar-benar menerapkan psikoterapi yang mana sesuai dalam psikologi islam. Ini diperkuat dengan adanya observasi yang sudah dilakukan dan wawanmcara secara mendalam pada pihak-pihak yang bisa mempertanggungjawabkan seperti pengasuh pondok Nailul Falah yaitu bapak Kyai H Isa Anshori, kepala TPQ Nailul Falah dan ketua pengurus putra Nailul Falah yang mana Ustadz Saiful Rizal ini juga terapisnya.
4.      Penutup
4.1.             Simpulan
Psikoterapi adalah pengobatan alam pikiran atau lebih tepat pengobatan psikis melalui metode psikologi. Psikoterapi dipandang sebagai upaya kuatif dalam pengobatan orang sakit jiwa. Sebenarnya bukan hanya untuk pengobatan (kuratif) akan tetapi juga dapat digunakan untuk preventif (upaya pencegahan) dan konstruktif, demikian pendapat Gustav Jung.
Psikoterapi diidentikkan dengan psikoanalisis (Al-Tahlil Al- Nafsiy), yaitu suatu cara untuk menganalisis jiwa seseorang dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Psikoterapi juga diartikan deangan penerapan teknik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan-kesulitan penyesuaian diri.
Pondok Nailul Falah adalah salah salah satu pondok yang menerapkan metode tersebut bertujuan membantu pasien untuk menghilangkan guncangan kejiwaan yang muncul dengan menghilangkan penyebab yang memicuhkan atau gejala yang menyertainya. Apabila menghilangkan guncangan tidak bisa direalisasikan, maka usaha yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalisasi dampaknya atau membantu pasien untuk beradaptasi dengan dirinya.      
 Pondok Nailul Falah memberikan terapi pada pasien yang tidak hanya mengalami masalah, ada pula yang tidak mempunyai masalah tetapi untuk meningkatkan spiritual mereka. Menangani segala masalah baik bagi kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Segala macam objek terapinya seperti mental, spiritual, moral dan fisik.




4.2.             Saran
Dengan banyakmya masalah yang sering bermunculan didalam kehidupan kita sekarang, kita harus lebih mengerti dan memahami diri kita dan lingkungan sekitar kita untuk mencegah adanya gangguan mental emosional, meskipun dalam diri kita tidak bermasalah tetapi lebih baiknya kita juga harus semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk lebih meningkatkan spiritual kita, karena dengan keimanan dan ketakwaan yang lebih dalam diri kita akan secara langsung bisa sebagai pencegah adanya gangguan-gangguan yang bisa saja terjadi. Bukan hanya itu, kita juga perlu menjaga jasmani kita, hubungan kita dengan sekitar atau sosial kita sehingga kita termasuk individu yang mempunyai kesehatan mental.





















Bukti Otentik Hasil Observasi Psikoterapi Pondok Nailul Falah

22 komentar:

  1. Mbak anna,, saya dari padang,, mau nanya nih,,, untuk bisa menghubungi pesantren nailul falah yang tertera di blog mbak, gimana caranya ya??, ada nomor telephone atau gimana,, kalau ada kirim ke email saya

    yusuf.rahmat@ymail.com

    ada atau ga adanya kirim ya ke email saya, terima kasih :D

    BalasHapus
  2. Mbak boleh nanya2 tentang penelitian ini gag soalnya aq juga neliti pola perawatan disana,,saya bisa ketemu atau hubungin mbk? Email yah mbk* ekkie17@gmail.com

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum..mbak mohon alamat dan no teleponnya di kirim ke email saya ya...indramartasagita @gmail.com

    BalasHapus
  4. klo mo bagi-bagi ilmu kok setengah-setengah, mbo ya di infokan no telp yg dapat dihub secara jelas to mba.. ngapain via email.. kok kesannya seperti Rhahasia ngono.. yo aku jaluk minta no tilpun to mba'e

    BalasHapus
  5. Mba, Mohon bantu utk info contact dr PONPES NAILUL FALAH. saya sangat membutuhkannya. Bole di share disini juga ya supaya bs bermanfaat buat yg lain jg atau bole di email ke recobain@gmail.com. Terima kasih ya, di tunggu loh balesannya.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum
    mohon bantuannya untuk no yang bisa dihubungi dong.
    tolong sent ke 08174888200 atau arif_xxx@ymail.com
    penting.....

    BalasHapus
  7. Mba.. Saya sangat membutuhkan informasi no.telp pesantren tsb, mohon kirimkan ke email mithaiskandardinata@gmail.com ,terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Never mind... bless all and sorry if a few people dissapointed... sorry for all... God Bless You...

      Hapus
  9. Saya dulu pernah belajar di pon pes Nailul Falah Suwayuwo tahun 1987 -1989

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kami mewakili atas nama kepengurusan pondok pesantren nailul falach memberitahukan bahwa saat ini kami tidak dapat menerima pasien dengan gangguan psychologi. Hal ini dikarenakan perawat (nyuci, kasih makan, mandi, dll.) Tinggal 1 orang. Tim perawat lainnya suda boyong

    Pemberitahuan ini berlaku hingga tulisan ini kami hapus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sudah diboyong kemana, kakak saya mengalami gangguan psychologi. Ingin mondokin di nailul falah. Mungkin ada info pondok lain yg seperti nailul falah yang bisa menerima pasien gangguan psycholigi? Atau bisa kasih jawaban saya di nomer telepon 082234003696

      Hapus
    2. di surabaya ada silahkan contac http://www.pondokpemulihan.com/psikologi-klinis-dalam-menangani-pasien-dengan-masalah-kejiwaan/

      Hapus
    3. Lihat foto, alamat, dan nomor telponnya di page
      https://m.facebook.com/photo.php?fbid=10205538225431310&id=1122271587&set=a.10205538224351283.1073741831.1122271587&source=54

      Hapus
    4. Apabila aktif kembali mohon babtuan informasinya.trims

      Hapus
  11. kami dari kantor pondok metal nama saya bahruddin,.. kami mohon kerja samanya dan kami butuh nomor kantor pondok nailul falah karena kami ingin menghubungi langsung,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://m.facebook.com/photo.php?fbid=10205538225431310&id=1122271587&set=a.10205538224351283.1073741831.1122271587&source=54

      Hapus
  12. http://www.pondokpemulihan.com/psikologi-klinis-dalam-menangani-pasien-dengan-masalah-kejiwaan/

    BalasHapus
  13. silahkan kunjungi situs
    http://news.okezone.com/read/2011/08/22/340/494867/ponpes-ini-sembuhkan-ganggungan-jiwa-dengan-ngaji

    BalasHapus
  14. terima kasih semuanya,,, maaf saya jarang ngecek blog atau pun email saya, jika ada kepentingan apapun hub sya lewat inbox facebook saya saja. Anna al Hanna terima kasih salam dan maaf yg sebesar besarnya :)

    BalasHapus
  15. Sayang sekali sdh tidak menerima pasien...padahal banyak yg membutuhkan....apabila aktif kembali mohon informasinya ke @ajishinta1.gmail.com.trims

    BalasHapus
  16. mohon no telp pesantrennya saya mau antar saudara kesana berobat

    BalasHapus